11 Maret 2016

Flores Timur Beranda Vatican ( Vatican Of Flores Island )

Terletak di wilayah paling timur pulau Flores, Kota Reinha Rosari atau yang lebih dikenal dengan nama Larantuka merupakan pusat pemerintahan kabupaten Flores Timur. 
http://alamfloresku.blogspot.co.id/
Patung Mater Dolorosa (Sumber google.com)
 Yah,,,, Reinha Rosari banyak tersimpan sejarah, pengaruh kolonial Portugis yang sudah menguasai kawasan ini pada Abad XVI sangat kental. 
 Warisan Portugis yang sampai terasa saat ini adalah agama Katolik dan tradisinya yang dianut penduduk asli Reinha Rosari. Bisa dikatakan Reinha Rosari adalah salah satu tempat di mana agama Katolik berkembang di Indonesia. Ada ungkapan Larantuka adalah serambinya Roma. Melihat fakta sejarah bahwa Larantuka merupakan tempat di mana Agama Katolik yang berpusat di Vatikan-Roma masuk di tanah air lewat misionaris asal Portugis pada abad ke XVI. Ungkapan itu cukup masuk akal bila kita mau menelusuri masih adanya gedung-gedung peninggalan Portugis seperti Gereja Katedral di pusat kota Larantuka. Gereja yang sangat megah berarsitekturkan Eropa kuno, sekilas kita seakan sedang berada di kota Roma. 

Guys,,,Di Flores Timur ada 3 Daerah yang menjalankan Tradisi Prosesi Jumad Agung/Sesta Vera Peninggalan dari Bangsa Portugis loh.....

 => 1. Larantuka Kota ( Kota Reinha Rosario )

http://alamfloresku.blogspot.co.id/
Prosesi Jumad Agung Larantuka Kota (sumber: google.com)
 => 2. Desa Konga 
http://alamfloresku.blogspot.co.id/
Prosesi Jumad Agung Konga - Flores Timur (sumber: google.com)


 => 3. Wure
Situasi Religi di Wure - Flores Timur (sumber: google.com)
So,,, itulah kenapa Flores Timur yang lebih dikenal sebagai Beranda Vatican Guys......
Terasa hidup toleransi antar umat beragama disana guys,,,, 
Dan perlu kita ketahui, bahwa dalam perayaan hari besar keagamaan Katolik khususnya,, yang menjadi keamaan dan bertanggung jawab penuh adalah pemuda dari Mesjid guys,,,.. sebaliknya ketika Hari Raya Lebaran, yang menjaga keamanan malam takbiran adalah tanggung jawab penuh dari pemuda Gereja Katolik......  Itulah Keindahan dan Keharmonisan Antar Umat beragama di Kota Reinha Larantuka -Flores Timur Beranda Vatican....... 

====== Wellcome in Flores Timur Vatican Of Indonesia =====

Tidak ada komentar:

Posting Komentar